Pengertian Qurban Secara Lengkap

Kurban  secara harfiah  mempunyai arti Hewan sembelihan. Dan definisi Ibadah qurban adalah menyembelih hewan ternak yang dimana  salah satu  bagian dari syiar islam yang telah disyariatkan dalam Al Quran.

Ibadah qurban  dilaksanakan   pada hari yang sudah ditentukan untuk  menyembelih hewan qurban.  Dalam menjalankan ibadah kurban   waktunya sudah ditentukan pada hari raya Idul Adha dan Hari Tasyrik (11,10, dan 13 Dzulhijjah)  yang dimana ibadah ini memiliki tujuan  sebagai bentuk mendekatkan diri kepada  sang pencipta Allah Subhanahu wa ta’ala.

Ada ulama itupun beberapa memiliki pendapat yang menjelaskan kalau kurban ini juga termasuk suatu ibadah sunnah dan terdapat juga yang wajib.   Ibadah qurban menurut hadis dan juga alquran  sebagai berikut ini,  yang artinya

Artinya : “Maka melaksanakan shalat karena tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).” ( QS. Al Kautsar:2)

Artinya : “Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan allah kepada mereka, maka tuhanmu ialah tuhan yang maha esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada –nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah),”( QS Al Hajj: 34)

Adapun riwayat dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Artinya : “Barangsiapa mendapatkan kelapangan tetapi tidak berkorban, maka janganlah dia mendekati tempat shalat kami.”

Hukum ibadah qurban atau menyembelih hewan qurban ini merupakan hal yang  sunnah muakkad, yang dimana artinya sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam kepada umatnya.

Adapun pertanyaan lebih utama mana, sedekah atau kurban?

ulama Imam ahmad mengatakan kalau menyembelih kurban lebih utama  dibandingkan dengan sedekah. Ibnul Qayyim juga mengatakan, “Menyembelih pada waktunya lebih utama disbanding dengan sedekah, yang di mana harganya, sekalipun dengan jumlah yang disedekahkan lebih besar dibanding harga hewan qurban, sebab penyembelihan dan mengalirkan darah itu sendiri menjadi sasaran, ia adalah ibadah yang disandingkan dengan ibadah shalat.

 Kenapa , ibadah kurban lebih utama?

“karena  kurban adalah ibadah khusus yang diperintahkan di waktu yang khusus pula, sedangkan sedekah adalah ibadah yang bersifat umum yang tidak terpatok dengan waktu, jika suatu ibadah sudah ditentukan waktunya, maka ia merupakan ibadah yang paling utama, bukan ibadah umum.

Leave a Comment