Perbedaan Qurban Dan Aqiqah

Perbedaan Qurban Dan Aqiqah. Di dalam persamaan dari qurban dan aqiqah terdapat  juga perbedaannya. Yang akan kita ulas perbedaan di bawah ini:

  1.       Waktu untuk berqurban sudah ditentukan yatu di tanggal 10 sampai 13 Dzulhijjah. Sedang untuk melakukan ibadah Aqiqah bisa dikerjakan kapan saja dengan batasan sebelum anak kita mengalami baligh.
  2.       Qurban merupakan ibadah yang dilakukan di saat hari raya idul Adha, tetapi untuk ibadah aqiqah dilaksanakan  ketika kelahiran seorang anak.
  3.       Untuk daging qurban yang dibagikan   dagingnya dalam kondisi masih mentah dan tidak dimasak. Namun khusus untuk daging Aqiqah , dibagikan setelah diolah atau dimasak dengan menu masakan tertentu.
  4.       Dalam menjalankan ibadah aqiqah dikerjakan sekali seumur hidup , sedangkan kalau Qurban  bisa dikerjakan setiap satu tahun sekali  bagi yang mampu.
  5.       Untuk Aqiqah dikerjakan dengan ketentuan dua ekor hewan kambing untuk seorang bayi laki-laki dan untuk bayi perempuan  cukup satu ekor saja. seperti yang disebutkan di dalam H.R AL-Baihaqi yang telah menyatakan

“ Sunnahnya dua ekor kambing untuk laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan. Ia dimasak tanpa mematahkan tulangnya, lalu dimakan (oleh keluarganya), dan disedekahkan pada hari ketujuh”.

 Untuk Qurban bisa dikerjakan minimal satu ekor dan bisa bersifat kelompok kalau hewan yang dikorbankan berharga mahal.

 Adapun hikmah  di kerjakannya qurban adalah sebagai bentuk syukur  dan meningkatkan kecintaan dan keimanan terhadap Allah Subhanahu wa ta’ala. Dengan adanya qurban, Umat muslim diharapkan bisa paham apa arti sebuah pengorbanan dalam kehidupan. Qurban juga sebagai ibadah yang mempererat tali persaudaraan antara umat muslim.

Dalam ibadah aqiqah mempunyai hikmah sebagai bentuk syukur kepada allah Subhanahu wa ta’ala  atas diberikannya seorang  anak. Aqiqah juga merupakan suatu bentuk rasa cinta orang tua terhadap anaknya, kita juga bisa menjalin hubungan yang erat  terhadap saudara dan juga tetangga.  Sebab mereka juga akan merasakan kebahagiaan  atas kelahiran anak anda dan mereka juga menikmati hidangan Aqiqah.

Leave a Comment