Persamaan Qurban dan Aqiqah

Persamaan Qurban dan Aqiqah. Ada beberapa  persamaan  ibadah qurban dan juga ibadah aqiqah berikut :

  1.       Aqiqah dan qurban adalah suatu aktivitas menyembelih hewan yang dikerjakan untuk menjalankan tuntunan agama Islam  agar mendapatkan ridho nya Allah Subhanahu wa ta’ala
  2.       Mempunyai Syarat-syarat  yang sama    berhubungan dengan hewan yang akan disembelih.
  3.       Pada dasarnya Hukum Aqiqah dan Qurban adalah sama, para ulama ada yang mewajibkan dan juga ada yang berpendapat sunnah. 

Ulama yang mewajibkan Qurban untuk orang yang mampu berdalil pada surah Al-kautsar  ayat 1-2 yang berbunyi

“Sesungguhnya kami telah memberi engkau (Muhammad) kebajikan yang banyak. Karena itu sholatlah ( engkau pada hari raya haji) karena tuhanmu dan berqurbanlah”.

 Sedang para ulama  yang  memiliki pendapat  Sunnah Muakad berpegang pada dalil hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dari H.R Darul Quthni yang berbunyi:

“ diwajibkan kepadaku berqurban dan tidak diwajibkan atas kamu”.

Dan  Aqiqah hukumnya wajib  para ulama  berdalil pada H.R Ahmad dan Tirmidzi yang berbunyi:

“Anak yang baru lahir menjadi titipan sampai disembelih kan baginya aqiqah pada hari ketujuh dari hari kelahirannya dan pada hari itu juga hendaklah dicukur rambutnya dan diberi nama”.  Penjelasan titipan dalam hadist tersebut memiliki makna jaminan yang wajib ditebus dengan melunaskan hutang. Ulama berpendapat jika anak tersebut meninggal ketika masih kecil dan belum dilakukan aqiqah , nanti diakhirat tidak bisa memberikan syafaát kepada orang  tuanya.

 Sedangkan  untuk para ulama Yang berpendapat Hukum Aqiqah sunnah, berdalil  dalam H.R. Ahmad, Abu Daud dan Nasa’i yang berbunyi “ Barang siapa di antara kamu ingin beribadah tentang anaknya hendaklah diperbuat (disembelih kan) untuk anak laki- laki dua ekor kambing dan perempuan satu ekor kambing”.

  1.       Hewan yang akan disembelih  wajib dalam kondisi sehat, gemuk, tidak memiliki penyakit dan tidak cacat fisik. Teruntuk domba atau kambing minimal  berumur dua tahun atau sudah ganti gigi.
  2.       Untuk daging dan kulit hewan yang disembelih bisa dijadikan upah untuk penjagal  tetapi tidak boleh dijual.
  3.       Seseorang yang berqurban dan aqiqah di bolehkah menikmati daging dari hewan yang di sembelih.
  4.       Lebih baik saat pembagian daging hewan aqiqah dan  qurban,  pra pelaksana mendatangi penerima .

Demikianlah beberapa Persamaan Qurban dan Aqiqah Semoga bermanfaat

Leave a Comment