Porsi Makan Sahur Sehat dan wajib Ada

Porsi Makan Sahur Sehat dan wajib Ada. Kalian perlu mengetahui kalau makan sahur disaat bulan suci ramadhan terdapat keberkahan, yang artinya kebaikan yang  banyak dan tetap terus ada.  Melakukan makan sahur  merupakan suatu sunnah dan juga dianjurkan untuk diakhirkan.

Dari Ibnu Anas bin Malik , ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda,

Artinya: “ Makan Sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan . “  ( Muttafaqun ‘ alaih)

Makan sahur  bisa juga dibilang sebagai pengganti sarapan disaat bulan suci ramadhan dalam menjalankan puasa.  Dan sahur adalah jadwal makan yang pertama kali  untuk anda memberikan cadangan energi dalam beraktivitas seharian.   Untuk makan sahur kita perlu mengetahui seberapa porsi makan sahur yang baik , supaya bisa memperlancar ibadah puasa kita.

Kalau makan sahur kita sedikit ataupun tidak melakukan makan sahur,  kalian akan bisa merasa lemas dan tidak kuat di dalam menjalankan puasa hingga waktu berbuka.

Supaya badan tidak terasa lemas  dalam menjalankan puasa, tentunya perlu memakan asupan makanan yang bergizi yang seimbang dan porsi yang cukup disaat sahur. Hal ini berfungsi untuk mengimbangi energi yang nantinya kita butuhkan  dalam beraktivitas hingga berbuka.

Berikut ini adalah jenis makanan yang diperlukan  saat konsumsi sahur.

  1.       Makanan Yang mengandung Sumber Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat adalah zat gizi yang dapat menyediakan energi utama bagi tubuh.  Alangkah baiknya  memilih jenis karbohidrat yang kompleks untuk dimakan di waktu sahur. Kenapa ? karena karbohidrat   lebih lama dicerna  di dalam tubuh, oleh karena itu kita akan merasa kenyang lebih lama dan memberi energi dalam waktu yang lebih lam juga.  Contoh karbohidrat kompleks  yang berada di dalam makanan  yaitu oatmeal,roti gandum, nasi merah, kentang dan lain sebagainya.

Untuk makanan karbohidrat  porsi makan sahur adalah sebanyak 1 hingga 2 porsi.

  1.       Makanan Yang mengandung  Sumber Protein

Makanan yang mengandung sumber protein merupakan makanan yang penting  yang perlu dipenuhi saat sahur. Protein ini berfungsi untuk memperbaiki dan membangun jaringan dalam tubuh .

Protein juga berfungsi  untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Maka dengan itu kita tidak akan mudah sakit.

Untuk makanan yang berprotein   bisa kita dapatkan dari daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur,susu, keju, tempe , kacang kacangan dan biji bijian . disaat sahur konsumsilah sebanyak 1-2 porsi.

 

  1.       Sayuran dan Buah –buahan

Sayuran dan buah buahan tidak kalah pentingnya untuk dikonsumsi disaat sahur. Kedua jenis makanan ini memiliki kandungan  vitamin dan mineral yang diperlukan dalam mempertahankan kesehatan tubuh.

Vitamin dan mineral yang diperlukan saat menjalani puasa yakni vitamin A, Vitamin E, Vitamin C, zat besi, magnesium, kalium dan juga asam folat. Vitamin dan mineral memiliki peran yang banyak dalam metabolisme tubuh saat puasa.

Nutri serat yang tinggi dapat kita peroleh di dalam buah buahan dan sayur sayuran manfaatnya supaya kita merasakan kenyang lebih lama dan juga mencegah sembelit.

Saat sahur cukup makan 2 hingga 3 porsi  saat sahur.  Kita bisa konsumsi kurma saat sahur  agar mencukupi kebutuhan serat,vitamin dan mineral  kita per harinya.

  1.       Cukup Minum Air Putih

Jangan pernah lupa untuk selalu minum air mineral atau air putih saat berbuka dan selesai berbuka. Minum Air disaat puasa ini sangatlah diperlukan supaya bisa memperlancar pencernaan. Metabolisme tubuh, dan menjaga tubuh dari hidrasi.  Puasa akan berjalan dengan lancar disaat kebutuhan air tercukupi.

Disaat sahur bisa untuk minum air  sebanyak 2 gelas atau lebih.  Perlu kita ketahui kalau setiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda.

Begitulah porsi  makan sahur  sehat dan wajib ada disaat makan sahur. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment