Rukun Islam Sendiri Terdiri Dari 5 Perintah

Selain mempercayai dan mendirikan rukun iman seorang Muslim juga wajib mengimani rukun Islam, Rukun Iman dan Rukun Islam diyakini sebagai landasan seorang pemeluk agama Islam dalam menjalani kehidupannya.

Rukun Islam sendiri terdiri dari 5 perintah yang diwajibkan oleh Allah SWT kepada para hambanya, berikut adalah isi dari rukun Islam:

  1. Membaca Dua Kalimat Syahadat

Rukun Islam yang pertama adalah membaca “Asy-hadu allaa ilaaha illallaahu wa asy-hadu anna muhammadarrasuulullahi”.

Artinya: “Aku bersaksi tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah”.

  1. Mendirikan Salat

Rukun Islam selanjutnya adalah mendirikan shalat 5 waktu, seperti yang kita ketahui bahwa shalat merupakan tiang agama. Artinya kualitas keimanan kita dapat dilihat dari kualitas salat kita pula. Untuk melakukan ibadah shalat, kita diwajibkan untuk melakukan shalat lima waktu yaitu

  1. Subuh
  2. Dzuhur
  3. Ashar
  4. Maghrib
  5. Isya

 

  1. Berpuasa pada Bulan Ramadhan

Selanjutnya adalah berpuasa saat bulan Ramadhan, wajib hukumnya bagi seorang Muslim yang sudah baligh untuk mendirikan puasa Ramadhan. Bepuasa tidak hanya dalam arti menjaga lapar dan haus melainkan juga berpuasa dalam menahan nafsu, amarah dan hal hal lainnya.

  1. Menunaikan Zakat

Menunaikan zakat wajib dilakukan bagi mereka yang beragama Islam dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 43 yang artinya: “Dan dirikanlah shalat, serta tunaikan zakat, dan rukuklah bersama dengan orang-orang yang ruku”.

  1. Pergi Haji (Bagi yang Mampu)

Rukun yang terakhir adalah menunaikan ibadah haji bagi mereka yang mampu, hal ini dijelaskan dalam surat Al-Imran ayat 97 yang artinya: “Bagi orang yang sanggup mengadakan perjalanan,” (QS Ali Imran: 97)

Leave a Comment