Sederet Amalan pada Bulan Syawal, Apa Saja?

Bulan ramadhan  tahun 1443  kewajiban menjalankan ibadah puasa telah  kita jalani . setelah bulan ramadhan kita akan menuju ke  bulan syawal dimana di tanggal 1 syawal merupakan hari kemenangan yaitu hari raya idul fitri .  di bulan syawal ini  tentunya ada amalan amalan sunnah yang bisa kita sebagai umat islam menjalankannya. Amalan yang sudah kita ketahui dan umum kebanyakan orang sudah mengetahuinya yaitu puasa syawal selama 6 hari saja.   Puasa 6 hari dibulan syawal ini memiliki keistimewaan yang dimana pahalanya sangat besar. Selain berpuasa adapun keistimewaan lainnya yang bisa kita dapatkan di bulan terbaik ini setelah bulan ramadhan.

Amalan di bulan puasa ramadhan bukan berakhir  di bulan puasa saja , tetapi kita terus melanjutkan dan semakin meningkatkan pada bulan syawal. Berikut  amalan bulan syawal yang dapat dikerjakan.

  1.   Puasa syawal selama 6 hari

Seperti yang kita ketahui kalau amalan yang paling utama di bulan syawal adalah berpuasa selama  6 hari . salah satu amalan yang begitu penting  dibulan syawal ini bisa kalian kerjakan di hari kedua bulan syawal,  sebab di hari pertama  itu adalah saatnya hari raya idul fitri  dimana di hari tersebut diharamkan untuk melakukan ibadah puasa.

Puasa syawal keutamaannya disebutkan di dalam hadits yang diriwayatkan muslim. Dan hadits ini berasal dari abu Ayyub Al Anshari yang pernah mendengar Sabda nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

Artinya :  “Barang siapa yang berpuasa ramadhan  kemudian berpuasa enam hari dibulan syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh” (HR Muslim)

  1.   Menikah Dibulan syawal

Menjalankan pernikahan di bulan syawal pastinya sudah umum karena keistimewaan bulan syawal yang satu ini. Biasanya akan banyak umat islam yang melaksanakan pernikahan setelah hari raya idul fitri. Melaksanakan pernikahan di tanggal berapapun  dan di hari apapun asalkan di bulan syawal adalah suatu kebaikan bagi yang melaksanakannya . hal ini dikisahkan di dalam hadits muslim dari istri rasulullah Shallallahu alaihi wasallam  Aisyah radhiallahu anha.

Artinya :  “Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam  menikahiku saat bulan syawal dan mengadakan malam pertama dengan aku di bulan syawal. Manakah istri beliau yan lebih mendapatkan perhatian selain aku?.”  ( HR.Muslim , an nasaí )

Bisa disimpulkan kalau menikah dibulan syawal merupakan sunnah rasul, karena rasulullah Shallallahu alaihi wasallam   melakukan pernikahan di bulan syawal

Leave a Comment