Sejarah Bulan Muharram

Sejarah bulan Muharram . bulan muharram asal katanya adalah Haram  yang memiliki arti Suci  atau terlarang.  Kenapa dinamakan muharram?  pada zaman dulu   diarab pada bulan muharram ini dilarang berperang dan membunuh. Dan larangan tersebut diberlakukan sampai masa islam. Dan bulan muharram ini merupakan salah satu bulan haram .

Orang –orang arab  dulunya mereka memberikan nama tahun dengan nama peristiwa besar yang telah terjadi pada tahun tersebut. Bisa dicontohkan dengan tahun gajah (amul fiil) karena pada tahun tersebut telah terjadi sebuah peristiwa kalau pasukan gajah yang dipimpin oleh abrahah yang akan menghancurkan ka’bah. Terdapat tahun yang diberikan nama sebagai tahun fijar(amul fijar) karena pada waktu itu telah terjadi perang  fijar. Dan terdapat juga tahun nubuwah sebab pada tahun tersebut terjadi Rasulullah menerima wahyu.

Pada kepemimpinan Umar Bin Khattab radhiyallahu ; anhu,  terdapat masalah yang dialami oleh pejabat pemerintah. Tidak adanya angka tahun yang membuat sebagian para pejabat pemerintah kesulitan. Salah Satu pejabat tersebut adalah Gubernur Basrah Abu Musa Al  asy’ari radhiyallahu ‘anhu

Adanya aduan dari Abu Musa . Umar lalu menerbitkan Kalender  islam. Umar memberikan keputusan kalau kalender islam akan dimulai dari tahun Hijrahnya rasulullah  karena itu kalender islam dikenal  dengan nama Kalender Hijriyah , Setelah Umar bermusyawarh dengan para sahabat terkemuka.

Utsman Bin affan memberi usulan kalau bulan Muharram sebagai bulan pertama. Kenapa demikian? Karena orang arab sejak dulu telah menganggap Muharram merupakan bulan pertama . kedua umat islam selesai menunaikan ibadah haji di bulan dzulhijjah sebelumnya. Ketiga  di bulan muharram ini bulan munculnya tekad hijrah ke madinah setelah  dibulan dzulhijjah  adanya kejadian baiat Aqabah II.

Dengan alur sejarah yang singkat diatas, maka ditetapkanlah bulan muharram sebagai bulan pertama di dalam kalender hijriyah. Dan pada tanggal 1 muharram adalah tahun baru hijriyah.

PERISTIWA PENTING PADA BULAN MUHARRAM

Adanya Peristiwa yang penting  dan telah terjadi di bulan muharram. dari masa nabi terdahulu sampai masa islam.

Berikut peristiwa pada bulan muharram sebelum masa rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam  :

  1.   Di bulan muharram Nabi adam alaihis salam bertaubat kepada allah dan Allah menerima Taubatnya.
  2.   Di Bulan muharram ini Kapal yang dibuat oleh nabi nuh alaihis salam berlabuh di bukit zuhdi setelah musibah banjir yang dahsyat dan menenggelamkan mayoritas penduduk bumi  pada saat itu.
  3.   Dibulan Muharram ini Nabi Ibrahim  alaihis salam di selamatkan oleh Allah Ta’ala dari siksaan api Raja Namrud
  4.   Di Bulan Muharram ini Allah Ta’ala menyelamatkan nabi yunus alaihissalam dengan mengeluarkannya dari perut  ikan.
  5.   Dibulan muharram ini  allah ta’al Menyelamatkan nabi yusuf alaihis salam dengan membebaskan beliau dari penjara.
  6.   Di Bulan muharram ini Allah Ta’ala Memberikan kesembuhan penyakit yang diderita Nabi Ayyub alaihissalam yang telah dialaminya bertahun tahun.
  7.   Di Bulan muharram ini allah telah menyelamatkan nabi Musa alaihissalam dari kejaran fir’aun dan menenggelamkan fir’aun

 Peristiwa penting yang terjadi di bulan muharram pada masa islam adalah sebagai berikut:

  1.   Setelah di bulan dzulhijjah terjadi Baiat Aqabah II.  Muncul tekad hijrah ke madinah di muharram 1 H
  2.   Kemenangan  kaum muslimin dalam perang Khaibar yang terjadi di  muharram  7 H
  3.   Meninggalnya Umar Bin khattab setelah dibunuh dengan syahid oleh Abu lu’lu’ah seorang dari majusi.
  4.   Terbunuhnya cucu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. yang bernama Husein dan keluarganya dimana kejadiannya di karbala.

Demikian sejarah Bulan Muharram, semoga menambah ilmu dalam sejarah islam.

Leave a Comment