Syarat Hewan Qurban Yang Baik

Syarat hewan qurban yang baik. Perlunya mengetahui  syarat-syarat tertentu hewan kurban  yang wajib terpenuhi supaya ibadah kurban yang kita lakukan bisa sah dan sempurna.

  1.       Jenis hewan qurban

Untuk syarat yang pertama yaitu jenis hewan nya yang diwajibkan binatang ternak . seperti Unta,sapi,kambing dan domba bisa  menjadi pilihan sebagai hewan kurban.

  1.       Usia  Dari Hewan Kurban

Usia atau umur  hewan kurban  yang wajib dipenuhi  ada minimal yang harus ditentukan syariat. Usia Hewan ternak yang bisa dijadikan hewan kurban yaitu:

          Domba umur 1 tahun atau bisa juga minimal 6 bulan bagi yang sulit mendapatkan domba yang berusia 1 tahun. Sedangkan kambing minimal berusia 1 tahun dan telah masuk  ke tahun ke 2.

          Unta minimal berusia 5 tahun dan sudah masuk tahun ke 6

          Sapi minimal berusia 2 tahun dan sudah masuk tahun ke 3

  1.       Fisik sehat dan tidak caca

Nabi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memberikan perincian beberapa hal yang tidak boleh dialami oleh hewan yang nantinya akan dikurbankan.  Dan agar bisa memenuhi syarat hewan qurban, jangan memilih hewan yang matanya buta sebelah, sakit,pincang, sangat kurus dan tidak memiliki sumsum tulang . pilihlah hewan kurban yang kondisi nya sehat.

  1.       Bukan punya orang lain

Hewan yang akan dikurbankan tidak akan sah kalau hewan tersebut dihasilkan dari mencuri dan milik orang lain. Hukumnya tidak akan sah bila hewan kurban nya   gadai (milik orang lain) atau hewan tersebut merupakan warisan.

  1.       Penyembelihan Hewan Qurban

Penyembelihan hewan kurban harus  dilakukan pada waktu yang sudah ditentukan oleh syari’at. Ibnu rusyd dari Madzhab Maliki dan didukung oleh Imam Ahmad, Imam Abu Hanifah, da Imam lainnya, dan waktu penyembelihan hewan qurban dilakukan  setelah melaksanakan ibadah shalat Idul adha.

Dan Batas  akhir waktu penyembelihan hewan kurban  pada waktu terbenamnya matahari di tanggal  13 Dzulhijjah. Sedangkan dari Madzhab Syafi’i batas akhir penyembelihan adalah  empat hari setelah hari idul adha.

Begitulah Syarat hewan qurban yang baik, semoga dengan mengetahui nya , ibadah  berkurban yang kita lakukan bisa sah dan sempurna.

Leave a Comment