Tiga Olahan Daging Kurban Kekinian yang Manjakan Lidah

Tiga Olahan Daging Kurban Kekinian yang Manjakan Lidah

Menghidangkan hidangan serba daging di hari raya Idul Adha sudah menjadi tradisi bagi beberapa orang. Seperti yang diketahui, perayaan idul adha yang disertai dengan perayaan Qurban tersebut merupakan sebuah momen dimana masyarakat akan menerima daging hewan Qurban dari para panitia yang menangani acara Qurban.

Di indonesia hewan yang kerap kali dijadikan sebagai hewan Qurban adalah hewan kambing dan sapi sehingga tidak heran jika olahan masakan di hari raya idul adha tidak akan jauh dari kedua olahan daging tersebut.

Olahan Daging Kurban Kekinian

Jika anda merasa bosan dengan olahan daging yang itu itu saja tiap tahunnya, mungkin anda perlu mencoba olahan daging kekinian yang siap memanjakan lidah anda. Seperti apa olahan daging kekinian.? Simak resep dan cara pembuatannya berikut.

Bistik Daging Khas Indonesia

Bistik daging adalah olahan daging khas indonesia yang disajikan dengan kentang dan beberapa jenis sayuran lainnya seperti wortel, buncis dan lain lain. Selain itu, bistik juga biasanya diberi saus pelengkap untuk memperkaya rasanya. Jika anda tertarik ingin mencoba resep dari bistik daging khas indonesia ini, silahkan simak resepnya berikut ini.

Bahan-bahan:

350 gram daging kambing atau sapi, potong steik

2 buah tomat, belah menjadi empat bagian

2 buah kentang kupas, potong serong memanjang

500 ml air

½ sdm gula pasir

¼ sdm lada putih bubuk

½ sdt garam

¼ sdt pala

3 siung bawang putih, iris tipis

4 siung bawang merah, iris tipis

5 sdm kecap manis

2 sdm margarin

Cara membuat:

Untuk langkah dan proses pembuatanyya, [ada langkah awal anda perly memanaskan margarin pada wajan dan tumis bawang hingga tampak menguning dan mengeluarkan wangi khas bawang. 

Langkah selanjutnya anda bisa memasukan daging kambing dan masak hingga tampak berubah warna, dan jika sudah menampakkan perubahan warna maka masukan tomat, kentang, buncis dan bumbu bumbu lainnya.

Selanjutnya anda bisa menambahkan kecap manis dan air dan biarkan hingga matang dengan api yang sedang sampai daging lunak. Coba cicipi sedikit untuk merasakan apakah daging sudah benar benar lunak.

Jika sudah lunak maka masakan sudah siap untuk disajikan. Jangan lupa menambahkan selada untuk mempercantik tampilan masakan.

Bulgogi Korean BBQ Sauce

Untuk anda yang hobi dan suka dengan hal hal yang berbau korea, Bulgogi Korean BBQ Sauce patut untuk anda coba dalam mengolah daging Qurban. Penasaran seperti apa Bulgogi Korean BBQ Sauce.? Uk mulai kita buat.

Bahan-bahan:

600 gram daging sapi iris tipis-tipis

½ buah pir dihaluskan

7 butir bawang putih

1 butir bawang bombay

wijen sesuai selera

3 sdm kecap ikan atau kecap asin

2 sendok makan sesame oil

3 sdm gula pasir

1 sdt lada hitam

2 batang daun bawang iris tipis

1 buah wortel ukuran besar iris tipis

Cara membuat:

Untuk proses pembuatannya, anda bisa memulainya dengan memasukan 2 sendok kecap ikan, minyak sesame, gula, bawang putih cincang, bawang bombay cincang, dan parutan buah pir, dan kemudian aduk hingga merata.

Selanjutnya anda bisa menambahkan daging, irisan wortel, dan irisan daun bawang. Kemudian, aduk kembali hingga merata.

Pada langkah ketika setelah bahan sudah tercampur rata, tutup wadah menggunakan aluminium foil dan diamkan selama 30 menit. Sambil menunggu, anda bisa menyiapkan teflon, panaskan 1 sendok minyak ikan, lalu masak daging hingga daging empuk.

Selanjutnya tinggal menghidangkan makanan dengan memberikan hiasan taburan wijen di atasnya.

Rolade Daging 

Jika anda ingin membuat olahan daging kesukaan anak anak, anda bisa mencoba rolade daging, makanan khas eropa yang digemari oleh anak anak. Penasaran.? Yuk mari kita buat.

Bahan daging:

400 gr daging sapi

3 sdm tepung terigu

1 sdm tepung panir

1 butir telur

1 sdt kaldu sapi bubuk

Bumbu:

5 siung bawang putih, cincang halus

1/2 siung bawang bombay, cincang halus

1/4 sdt pala, haluskan

1 sdm margarin

Garam, gula dan lada bubuk secukupnya

Bahan kulit:

2 butir telur, kocok

1 sdm tepung tapioka

Air secukupnya

Sejumput garam

Tali, daun pisang atau plastik wrap

Cara membuat:

Langkah pertama anda perlu menggiling daging hingga halus yang kemudian campurkan semua bahan daging. Selanjutnya tumis bawang putih dan bawang bombay hingga mengeluarkan aroma wangi. 

Jika tumisan bawang sudah siap, masukkan margarin, pala, garam, gula dan lada bubuk secukupnya. Aduk hingga leleh. Campurkan bumbu tumis dan daging.

Setelah itu, anda bisa membuat bahan kulit. Kocong hingga menjadi adonan yang cair. Cetak di teflon agar menjadi kulit telur dadar. Jangan terlalu tipis, buat menjadi beberapa kulit dadar.

Selanjutnya ratakan daging pada kulit dadar dan gulung dan bungkus dengan menggunakan daun pisang. Bagian pada bagian gulungan tersebut dengan menggunakan tali. Setelah itu kukus kurang lebih 20 menit sampai matang.

Langkah terakhir keluarkan daging dan tunggu hingga dinggin. Setelah digin potong daging sesuai dengan selera masing masing. Jika semua proses telah selesai maka rolade sudah siap untuk digoreng.

Leave a Comment