Tips Cara Mengolah Daging Kurban Agar Tidak Alot dan Bau

Tips Cara Mengolah Daging Kurban Agar tak Alot dan Bau, Saat merayakan perayaan Idul Adha, menu menu masakan di berbagai rumah biasanya penuh dengan menu daging, baik itu daging sapi maupun daging kambing.

Bagi mereka yang tau bagaimana cara mengolah daging kambing dan sapi akan menjadi sebuah hidangan yang lezat bagi keluarga.

Dalam proses pengolahan daging terbilang gampang gampang sudah. Jika salah dalam proses pengolahan daging, dapat membuat daging menjadi alot dan bau atau prengus. Agar hal tersebut tidak terjadi pada hidangan daging yang anda buat, simak beberapa tips dalam mengolah daging berikut ini.

  1. Singkirkan Lemaknya 

Sebagian besar dari aroma prengus yang terdapat pada daging berasal dari lapisan lemak menempel pada daging. Membuang lemak yang menempel secara berlebihan pada daging, merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau prengus pada daging. Untuk proses mudah menghilangkan lemak pada daging, anda bisa memasukan daging ke dalam lemari es dan ketika lemak sudah membeku, anda bisa lebih mudah mengiris lemak dari permukaan daging.

  1. Jangan Dicuci

Ketika memasak daging, kebanyakan orang akan mencuci daging terlebih dahulu, namun jika anda melakukan hal tersebut terhadap daging yang akan anda masak, tekstur pada daging akan menjadi alot dan bau amis ada daging semakin tajam. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, anda bisa langsung merebus daging tanpa dicuci. Buang air rebusan daging sebelum daging akan diolah menjadi hidangan seperti pada umumnya.

  1. Taburi Garam

Jika daging sudah terlanjur dicuci, maka anda bisa menambahkan taburan garam pada daging, untuk menetralisir darah yang menyebabkan dari timbulnya aroma yang tidak sedap. Taburkan garam pada seluruh bagian pada daging yang kemudian diamkan kurang lebih 1 jam. Cuci kembali daging sebelum diolah.

  1. Baluri dengan Parutan Nanas

Getah pada nanas juga dapat dimanfaatkan untuk melunakan daging kambing yang a lot yang juga dapat menjadi penetralisir bau amis pada daging. Baluri bagian daging dengan menggunakan nanas yang telah dihaluskan yang kemudian dapat diamkan kurang lebih 30 menit sebelum daging akan diolah berdasarkan keinginan masing masing.

  1. Rebus dengan Rempah-Rempah

Menambahkan rempah rempah sebagai bumbu masak juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan bau amis pada daging. Campurkan rempah rempah yang memiliki aroma harum dan tajam seperti daun jeruk, jahe, serai, dan kemangi.

  1. Taburi dengan Parutan Pir

Selaim buah nanas, anda juga bisa menggunakan buah pir untuk membuat daging tidak amis dan alot. Untuk prosesnya sama saja dengan menggunakan buah nanas yang dimana buah pir dihaluskan terlebih dahulu yang kemudian nantinya dapat dibaluri ke seluruh bagian daging dan diamkan kurang lebih 30 menit.

  1. Bungkus dengan Daun Pepaya

Daun pepaya juga bisa membantu anda dalam memasak daging agar menjadi lunak. Anda bisa mengambil beberapa helai daun pepaya yang nantinya dapat digunakan untuk membungkus daging.

Cuci daun pepaya terlebih dahulu dan biarkan mengering. Setelah itu bungkus daging dengan daun pepaya dan diamkan kurang lebih 1 jam yang selanjutnya dapat diolah dengan cara masing masing.

  1. Lumuri dengan Jeruk Nipis

Untuk menghilangkan bau amis, anda juga bisa menggunakan jeruk nipis. Remas jeruk nipis dan baluri daging dengan air jeruk dan diamkan hingga beberapa menit. Selain dapat menyamarkan bau amis, air jeruk nipis juga dapat melunakan daging ketika dimasak.

Leave a Comment