Tips Cara Merebus Daging Kambing

Tips Cara merebus daging kambing, Mengolah makanan serba daging saat perayaan Idul Adha atau hari raya Qurban tampaknya sudah menjadi sebuah tradisi bagi masyarakat Muslim. Seperti yang diketahui, saat menjelang hari raya Idul Adha, umat muslim akan memperoleh daging yang dibagikan secara gratis oleh teman, kerabat atau orang orang terdekat yang melakukan ibadah Qurban.

Di indonesia, hewan ternak yang dijadikan sebagai hewan Kurban biasanya terdiri dari sapi dan kambing sehingga tidak heran jika menu masakan saat hari raya Qurban berupa olahan daging sapi dan kambing. Mengolah daging kambing terbilang gampang gampang susah, sebab jika salah dalam mengolah, akan menyebabkan daging menjadi Alot dan bahkan terkadang mengeluarkan bau yang kurang nyaman di hidung. 

Cara Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau dan Alot

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan bau pada daging kambing dan membuat daging menjadi empuk.

Singkirkan Lemaknya

Sebagian besar aroma prengus yang berada pada daging kambing berasal dari lapisan lemak pada daging yang menempel. Maka dari itu, untuk menyingkirkan bau prengus pada daging bisa dengan cara membuang bagian lemak nya. 

Buang lemak berlebih yang menempel pada daging dengan mengirisnya. Agar lebih mudah, dinginkan dulu daging kambing di dalam lemari es. Jika lapisan lemak sudah beku, Anda bisa mengirisnya dengan lebih mudah.

Jangan Dicuci

Saat orang hendak mengolah daging mereka biasanya akan mencuci daging terlebih dahulu sebelum dimasak, namun perlu diketahui. Hal tersebut dapat menyebabkan bau amis pada daging semakin tajam. Untuk daging yang akan dimasak, lebih baik langsung direbus saja tanpa dicuci terlebih dahulu.

Taburi Garam

Jika daging sudah terlanjur dicuci, maka taburkan garam pada daging untuk menetralisir bau pada daging. Taburkan garam ke seluruh permukaan daging, kemudian diamkan selama 1 jam. Cuci kembali daging kambing sebelum diolah.

Rebus dengan Rempah-Rempah

Untuk menyamarkan bau pada daging, anda juga bisa menggunakan rempah rempah sebagai bahan mengolah daging, aroma tajam dari rempah rempah dapat membuat bau asli pada daging menjadi tersamarkan sehingga daging tetap nyaman di santap.

Baluri dengan Parutan Nanas

Salah satu cara yang dilakukan banyak orang untuk membuat daging menjadi empuk adalah dengan menggunakan parutan nanas. haluskan nanas dengan menggunakan parutan atau blender yang kemudian anda bisa membaluri jus nanas tersebut pada seluruh permukaan daging dan diamkan kurang lebih 30 menit sampai jus nanas meresap ke dalam daging.

Taburi dengan Parutan Pir

Selain menggunakan buah nanas, anda juga bisa menggunakan parutan buah pir untuk membuat daging menjadi empuk. Untuk proses dan caranya sama saja dengan menggunakan buah nanas yaitu dnegan cara dibaluri pada seluruh bagian daging.

Bungkus dengan Daun Pepaya

Jika anda tidak ingin menggunakan buah nanas atau buah pir, anda juga bisa menggunakan daun pepaya. Ambillah beberapa helai daun pepaya yang disesuaikan dengan jumlah pada daging. Cuci daun pepaya tersebut dan kemudian keringkan. Gunakanlah daun pepaya untuk membungkus daging dan diamkan selama 30 menit, dan barulah daging direbus.

Lumuri dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat dalam mengolah daging yang salah satunya adalah untuk membuat daging menjadi lunak dan menghilangkan bau pada daging. Sebelum daging hendak direbus sebaiknya lumuri air jeruk nipis pada seluruh permukaan daging dan diamkan hingga 30 menit, yang kemudian dapat dimasak seperti biasa.

Itulah beberapa tips mengolah daging kambing agar tidak bau dan lunak sehingga nyaman untuk dimakan.

Leave a Comment