Tips Memasak Daging Agar empuk, Nggak Pakai Waktu Lama!

Tips Memasak Daging  Agar empuk , Nggak Pakai Waktu lama!  Di hari raya idul adha tentunya akan berlimpah nya daging dan masyarakat setempat tidak hanya mendapatkan satu kilogram daging kambing ataupun sapi , tetapi bisa lebih banyak mendapat bagian dari panitia qurban masjid ataupun mushola yang mengadakan penyembelihan hewan qurban. Belum lagi saudara atau teman dekat yang juga melakukan penyembelihan kurban sendiri .

Biasanya daging kurban yang banyak didapatkan dari masyarakat adalah daging sapi.  Perlu diketahui juga sebagai tambahan informasi untuk kalian kalau ada beberapa jenis dan bagian potongan daging sapi yang dimana sulit diolah menjadi empuk . yang membutuhkan waktu yang cukup lumayan menyita waktu dalam merebus daging tersebut supaya saat di konsumsi akan empuk.

Untuk bagian yang begitu sulit empuk adalah pada bagian sengkel, leher, atau sandung lamur.  Dan juga sapi yang memiliki umur yang sudah tua  maka dagingnya akan lebih keras yang memebuat sulit empuk.

Untuk merebus daging sapi dengan waktu yang cukup daging sapi akan empuk. Tetapi dalam perebusan yang lumayan lama bisa membuat pemakaian Gas  yang menjadi boros.

Oleh karena itu, kalian perlu memakai tips memasak daging agar empuk , nggak pakai waktu lama. Salah satu tips yang bisa kalian pakai adalah dengan memakai tenderizer  atau pengempuk daging.

Terdapat berbagai macam jenis bahan untuk membuat daging menjadi empuk  dalam waktu yang tidak alami yang bisa kalian pakai saat merebus daging. Dua diantaranya adalah dengan bahan alami yang mudah kalian temukan dan sangat cukup efektif dalam mengempukkan daging.

  1.   DAUN PEPAYA

Diketahui kalau getah yang terkandung pada daun pepaya bisa membuat daging lebih empuk saat direbus.

Cara pemakaiannya adalah kalian remas –remas daun pepaya sedikit  sampai getahnya bisa keluar. Setelah itu kalian bungkus daging dengan daun pepaya dan  kalian perlu membiarkan selama beberapa waktu.

Habis itu kalian lepad bungkusan daun pepaya dan rebus daging sampai empuk dan matang. Dengan membungkus daging dengan daun pepaya  biasanya waktu dalam merebus tidak begitu lama daging sudah empuk .

Kalian juga perlu berhati –hati , jangan kebanyakan memakai daun pepaya dan juga jangan terlalu lama dalam membungkus daging. Yang bisa membuat daging menjadi getir nantinya.

  1.   BUAH NANAS

Selain Mempergunakan Daun pepaya , kalian bisa menggunakan buah nanas. Dengan cara menghaluskan buah nanas, setelah itu marinasi daging dalam nanas yang telah di haluskan.

Kandungan Asam dari nanas dapat membuat empuk daging dengan mudah. Tetapi kalian jangan terlalu banyak menggunakan nanas dan terlalu lama memarinasi daging.  Rasa nanas dapat mempengaruhi rasa daging menjadi lebih asam.

  1.   BAHAN ASAM LAINNYA

Buah nanas dapat digunakan untuk membuat daging menjadi empuk yang dimana buah nanas memiliki faktor asam sehingga daging bisa menjadi empuk,  karena itu kalian juga dapat memakai bahan  lain yang memiliki elemen asam juga , contohnya jeruk nipis.

Jeruk nipis juga dapat dipergunakan  untuk membuat daging menjadi empuk dan tetap saja kalian diwajibkan untuk berhati-hati dalam menggunakan jeruk nipis  sebab dapat mempengaruhi rasa pada daging.

  1.   CUKA DAN BAKING SODA

Adapun bahan yang non alami yang dapat kalian pakai adalah cuka da baking soda yang dapat membuat daging cepat empuk. Dengan cara mengoleskan soda kue  pada bagian permukaan daging bisa membuat meningkatnya kadar pH.

Dengan begitu dapat membuat protein yang terkandung di dalam daging lebih sulit terikat, yang bisa membuat tekstur  daging menjadi lebih empuk dan juicy.

Cara menggunakannya kalian cukup mengolesi permukaan pada daging dengan soda kue selama 10 -20 menit. Kalian simpan dalam kulkas setelah itu kalian bisa bilas sebelum diolah.

Demikian tips memasak daging agar empuk , nggak pakai lama! Semoga bermanfaat.

Leave a Comment