Tips Memilih Hewan Kurban yang Berkualitas

Tips Memilih Hewan Kurban yang Berkualitas, Setiap tanggal 10 dzulhijjah, umat muslim di seluruh dunia akan merayakan hari besar kedua yaitu Idul Adha. Dalam perayaan Idul Adha biasanya disertai dengan perayaan hari raya Qurban. Hari raya qurban ini merupakan hari raya dimana umat muslim akan menyembelih hewan ternak yang akan dijadikan hewan Qurban seperti sapi dan kambing.

Pelaksanaan Qurban sendiri dituju bagi umat muslim yang telah mampu secara finansial dan dapat membeli atau menyumbangkan hewan Qurban untuk disembelih yang pada setiap dagingnya akan dibagikan secara gratis kepada orang orang yang membutuhkannya.

Memilih Hewan Qurban yang Baik

Agar ibadah Qurbah menjadi sah, hewan ternak yang akan dijadikan sebagai hewan Qurban haruslah memenuhi syarat untuk dijadikan hewan Qurban. Hewan Qurban harus memenuhi syarat sebagai hewan yang baik, tidak sakit, cacat, dan lainnya. Pada artikel kali ini, kami akan berbagi beberapa tips memilih hewan qurban yang baik. lebih jelasnya simak penjelasan berikut.

Pastikan Hewan Ternak

Pada perayaan Qurban, umat muslim diperintahkan untuk memilih hewan ternak sebagai hewan Qurban. Adapun beberapa hewan ternak yang disebutkan sebagai hewan Qurban seperti unta, kambing, domba, sapi, kerbau.Tentunya semua hewan ini sudah memenuhi ketentuan sebagai hewan ternak yang sehat dan layak untuk dikurbankan.

Umur Hewan Kurban

Selain menentukan hewan yang akan dijadikan sebagai hewan Qurban, usia dari setiap hewan juga harus memenuhi usia yang disyaratkan sebagai hewan Qurban yaitu 

Unta Genap 5 tahun, masuk tahun keenam.

Sapi Genap 2 tahun, masuk tahun ketiga.

Kambing Genap 1 tahun, masuk tahun kedua.

Domba Genap 6 bulan, masuk bulan ketujuh.

Hewan Kurban Tidak Cacat

Hewan yang akan dijadikan sebagai hewan Qurban sebaiknya berada dalam kondisi yang baik dan tidak menunjukan beberapa tanda misalnya seperti demam, kurang nafsu makan, kudis, ada ekskreta (buangan) dari lubang hidung, bulu kusam dan berdiri, mata cekung dan kotor, diare, serta lemas.

Dari segi fisik, hewan tidak boleh memiliki bagian tubuh yang cacat seperti ekor putus, mengalami kebutaan dan lain sebagainya. Jika hewan tidak berada dalam kondisi yang baik maka ibadah qurban dianggap tidak sah.

Hewan Kurban Tidak Kurus

Dari segi fisik, hewan yang akan dijadikan sebagai hewan Qurban juga sebaiknya tidak berada dalam kondisi yang kurus. Setidaknya hewan memiliki nafsu makan baik,  lincah, mata bersinar, dan bulu tidak kusam. Karena dengan nafsu makan yang baik dan lincah, otomatis kondisi hewan akan terlihat gemuk dan tidak seperti hewan yang memiliki penyakit.

Pemilihan Lokasi Pembelian Hewan Kurban

Pemilihan tempat membeli hewan Qurban juga menjadi hal yang tidak kalah penting. pastikan bahwa anda membeli hewan ternak di pertanaknya langsung, demi menghindari hewan ternak tersebut merupakan hewan yang benar benar milik dari orang tempat anda akan membelinya. Pastikan bahwa hewan tersebut bukan hewan hasil curian, hak milik tidak jelas dan hal hal lain yang akan membuat ibadah Qurban menjadi tidak sah.

Pastikan juga bahwa hewan mengkonsumsi makanan yang layak, tidak mengkonsumsi sampah atau hal hal yang akan membahayakan bagi kesehatan hewan, sebab hal tersebut juga bisa saja berdampak pada orang orang yang akan mengkonsumsinya.

Nah itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat memilih hewan ternak untuk Qurban. Cermatlah dalam memilih hewan yang akan dijadikan sebagai hewan Qurban agar ibadah Qurban menjadi sah.

Leave a Comment