Tips Mempersiapkan Puasa di Tengah Wabah Corona

Tips Mempersiapkan Puasa di Tengah Wabah Corona

Tidak terasa, sebentar lagi kita sudah akan memasuki bulan suci ramadhan yang artinya kita akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan. Ibadah puasa tahun ini sepertinya masih sama dengan puasa pada tahun sebelumnya yang dimana kita masih berada di tengah pandemi covid 19, yang artinya kita harus selalu menjaga kesehatan dan sebisa mungkin menghindari pusat keramaian untuk mengurangi resiko kita terpapar covid.

Tips Mempersiapkan Puasa di Tengah Wabah Corona

Bagi umat muslim, bulan suci ramadhan merupaka bulan yang penuh berkah yang dimana pahala yang kita peroleh selama bulan suci ramadhan akan dilipatgandakan lebih banyak dibandinngnkan dnegan pahala yang diperoleh pada bulan bulan lainnya.

Hal tesebut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya:

“Pahala umrah pada bulan Ramadhan menyamai pahala ibadah haji.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sedangkan keutamaan bulan Ramadhan dalam riwayat yang lain juga disebutkan, pahala umrah pada bulan Ramadhan menyamai pahala ibadah haji bersamaku (Nabi).

Dalam riwayat lain juga disebutkan, Ibnu Rajab Rahimahullah berkata, Abu Bakr bin Abi Maryam mengatakan bahwa banyak guru-gurunya yang berkata,

“Apabila telah tiba bulan Ramadhan, maka perbanyaklah berinfaq, karena infaq di bulan Ramadhan dilipatgandakan bagaikan infaq di jalan Allah, dan tasbih di bulan Ramadhan lebih utama daripada tasbih di bulan yang lain.”

Agar ibadah puasa dapat berjalan dengan lancar, berikut ini kami punya beberapa tips untuk anda dalam menjalankan ibadah puasa di tengah wabah corona.

Buat menu makanan bergizi selama berpuasa

Salah satu cara terbaik untuk menghadapi corona adalah dengan menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menyediakan menu makanan yang bergizi selama berpuasa. Makanan yang sehat dan bergizi akan membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalannya sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

Tetap lakukan olahraga ringan

Olahraga adalah suatu hal yang wajib dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Agar olahraga tidak membuat tubuh anda lemas selama berpuasa, anda bisa melakukan aktifitas olahraga ketika waktu berbuka akan tiba, sehingga anda tidak perlu menahan lapar dan haus yang disebabkan oleh aktivitas saat berolahraga.

Perhatikan physical distancing dan protokol kesehatan saat beramal

Bulan suci ramadhan belum lengkap rasanya jika belum berbagi dan beramal dengan sesama. Jika ada berencana ingin mengadakan pembagian takjil secara gratis, pastikan bahwa anda selalu memperhatikan physical distancing dan protokol kesehatan saat beramal. 

Penuhi kecukupan hidrasi tubuh selama puasa

Penting bagi tubuh untuk menjaga kecukupan hidrasi selama berpuasa agar dapat menggantikan hidrasi yang hilang pada siang hari. Untuk itu, Insan UAI dapat membagi anjuran 8 gelas air putih sehari menjadi 1 gelas setelah bangun tidur untuk sahur, 1 gelas setelah makan sahur, 1 gelas setelah adzan maghrib, 1 gelas setelah sholat maghrib, 1 gelas setelah makan, 1 gelas setelah sholat isya, 1 gelas setelah tarawih, dan 1 gelas sebelum tidur. Selain itu, hidrasi juga dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung air dan menghindari minuman berkafein.

Hindari Mengkonsumsi Makanan Pedas, Berminyak dan Asem

Selama menjalankan ibadah puasa, pastikan bahwa anda tidak terlalu mengkonsumsi makanan yang pedas, berminyak dan asem, sebab jenis jenis makanan tersebut jika dikonsumsi secara berlebihan dapat beresiko meningkatkan asam lambung yang dapat beresiko menyebabkan penyakit maag. Konsumsilah makanan makanan yang kaya serat dan vitamin misalnya seperti buah, sayur dan lain lain.

Meskipun bulan puasa kali ini kita masih diselimuti oleh pademi, namun semangat tak boleh pudar dalam menjalankan ibadah. Jalankan ibadah puasa dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Semoga melalui bulan puasa kali ini kita mendapatkan keberkaha yang berlimpah dari Allah SWT. Amin.

Leave a Comment