Tips Mendidik Anak Sesuai Ajaran Islam

Tips Mendidik Anak Sesuai Ajaran Islam, Mendidik anak sudah menjadi kewajiban bagi para orang tua. Sebagai umat muslim, sangat penting halnya bagi kita untuk mengatahui bagaimana Isam mendidik anak anak yang pernah dicontohkan oleh para nabi dan rasul.

Mendidik Anak Sesuai Ajaran Islam

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tips mendidik anak sesuai ajaran islam. Tertarik ingin mengetahui bagaimana caranya.? Simak tipsnya sebagai berikut ini.

Menyatukan Ibu dengan Anak

Ibu adalah sosok wanita yang akan menjadi pedoman bagi anak anaknya dalam belajar seiring pertumbuhan dan perkembangannya, oleh karena itu, sosok seorang ibu sangat dibutuhkan dalam mendidik anak. Dalam Islam, seorang anak juga dilarang untuk jauh dari ibunya seperti yang disampaikan Abu Ayyub, bahwa Rasulullah pernah bersabda : “Barang siapa memisahkan antara seorang ibu dan anaknya, niscaya Allah akan memisahkan antara dia dan orang-orang yang dicintainya pada hari kiamat”.

Terapkan Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan adalah suatu hal yang dianjurkan dalam Islam untuk diajarkan kepada anak anak sejak dini. “Sesungguhnya Allah itu Maha Indah dan menyukai keindahan (termasuk kebersihan dan kerapihan)”. (HR. Muslim no. 91).

Mendoakan Anak

Sebuah usaha akan berhasil jika didasari dengan usaha kerja keras dan doa, dan begitu pula dalam mendidik anak. Mendoakan anak juga merupakan salah satu bentuk mendidik anak menurut Islam. Memberi contoh pada mereka bahwa kasih sayang juga bisa dicurahkan melalui kalimat doa. Tertuang dalam kitab suci al-Quran surah al-Furqon ayat 74 : “Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati, dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa.”

Mengajarkan Dasar-Dasar Islam

kitab Al-Amali dari Imam Al-Baqir dan Imam ash Shadiq, mengatakan mengenai tahap awal mengenalkan anak pada Allah SWT.

Disebutkan bahwa pada usia 3 tahun, ajarkan kalimat Tauhid “LAILA HA ILLALLAH” sebanyak 7 kali. Kemudian saat menginjak usia 3 tahun 7 bulan, ajarkan anak kalimat MUHAMMADAR RASULLULLAH”.

“Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat Lailaha-illaallah. Dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah, Lailaha-illallah. Sesungguhnya barangsiapa awal dan akhir pembicaraannya Lailah-illallah, kemudian ia hidup selama seribu tahun, maka dosa apa pun, tidak akan ditanyakan kepadanya”. (H.R Ibnu Abbas)

Memberi Contoh dan Mengajarkan Salat

Kebiasaan dan perilaku yang dilakukan oleh orang tua merupakan suatu contoh yang nantinya akan diikuti oleh anak baik buruk maupun baik. Maka dari itu, bagi kita yang sedang mendidik anak, ada baiknya jika kita memberikan contoh yang baik dan termasuk dengan mencontohkan salat dan ibadah lainnya. 

Jika anak sudah terbiasa melihat orangtuanya salat dan meniru setiap gerakannya, kelak akan lebih mudah untuk diajari.

“Suruhlah anak-anakmu salat ketika berumur tujuh tahun, pukulah mereka jika meninggalkannya setelah berumur sepuluh tahun dan pisahkanlah tempat tidurnya”. (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

Mengajarkan Tauhid

Cara mendidik anak menurut Islam sebenarnya sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, melalui adzan dari sang ayah atau kakeknya. “Dari Abu Dawud dan Tirmidzi Aku telah melihat Rasulullah SAW mengazankan Al-Hasan bin Ali pada telinganya saat dilahirkan oleh Fatimah dengan azan seperti azan salat”. (HR. Tirmidzi).

Memberi Nama Panggilan yang Baik

Bentuk mencintai, mendidik, dan menghormati anak melalui nama panggilannya. Dalam sebuah hadits dikatakan: “Hormatilah anak-anakmu dan perhatikanlah pendidikan mereka karena anak-anakmu sekalian adalah karunia Allah kepadamu” (HR Ibnu Majah).

Nah itulah beberapa cara mendidik anak menurut Islam dan semoga dapat bermanfaat.

Leave a Comment