Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Berqurban Rutin

Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Berqurban Rutin, Sebagai umat muslim yang taat, pastinya kita ingin menjalankan ibadah yang menjadi kewajiban kita sebagai umat muslim, baik itu ibadah yang wajib maupun ibadah yang sunnah seperti melakukan ibadah Qurban.

Agar anda dapat melaksanakan ibadah Qurban di hari raya mendatang, berikut ini ada beberapa tips dalam mengatur keuangan agar bisa berQurban

1 Niat Dalam Hati untuk Berkurban

Sebelum menabung, niatkan di dalam hati bahwa tabungan yang anda isi saat ini merupakan tabungan yang akan digunakan untuk berkurban di hari raya mendatang. Jika niat sudah tertanam di dalam hari, maka proses menabung akan berjalan dengan hati yang ikhlas dan tidak terbebani atau memberatkan anda.

2 Cari Tahu Apakah Anda Sudah Memenuhi Syarat untuk Berkurban atau Belum

Sebelum melakukan Qurban, sebaiknya anda mengenai syarat syarat dalam ber Qurban agar ibadah Qurban dapat berjalan sebagaimana mestinya, pastikan bahwa anda sudah memenuhi syarat untuk berqurban. Secara umum, syarat untuk melakukan Qurban ada 3 hal yaitu beragama Muslim, mampu secara finansial dan telah memasuki usia Baligh dan memiliki akal sehat.

Selain memenuhi syarat diri, adapun syarat yang harus dipenuhi dalam hewan Qurban yaitu 

Tidak semua jenis hewan dapat dikurbankan oleh orang muslim.

Hewan untuk kurban harus memenuhi persyaratan yaitu:

Merupakan hewan ternak, yaitu sapi, unta, kambing, atau domba.

Hewan sudah cukup umur (kambing sudah berumur 1 tahun atau lebih, sapi minimal berumur 2 tahun, dan unta minimal berumur 5 tahun).

Kondisi fisik hewan sedang dalam masa prima, sehat, gemuk, tidak cacat, tidak pincang, dan tidak buta.

3 Tips Mengatur Keuangan Agar Dapat Kurban, Atur Prioritas Anda

Setelah anda telah mampu memenuhi beberapa hal yang telah telah dijelaskan sebelumnya, maka saatnya Anda mulai atur prioritas. Cobalah untuk membedakan antara kebutuhan dengan keinginan. Dengan mengatur prioritas, maka Anda akan mengelola keluar masuk keuangan dengan sangat baik.

4 Tentukan Hewan Kurban, Sapi atau Kambing?

Di Indonesia, Ibadah Qurban biasanya ditandai dengan penyembelihan hewan ternak dan kambing. Harga dari kedua hewan tersebut tentu berbeda, yang dimana harga sapi jauh lebih mahal dari harga kambing, maka dari itu tentukan terlebih dahulu, hewan apa yang ingin anda Qurban kan. Pilihlah hewan yang sesuai dengan kemampuan anda agar ibadah Qurban tidak memberatkan anda.

5 Tips Mengatur Keuangan Agar Dapat Kurban, Menabung Rutin Setiap Bulan

Menabung adalah cara terbaik yang dapat dilakukan untuk bisa berqurban. Dengan mengetahui hewan apa yang akan anda Qurban, maka anda sudah tau berapa uang yang harus ditabung agar dapat berqurban di tahun depan.

6 Tips Berikutnya, Mengambil Arisan Kurban

Arisan Qurban adalah salah satu cara yang dilakukan oleh sebagian orang agar dapat melakukan ibadah Qurban. Bagi anda yang berencana ingin melakukan Qurban, mungkin bisa mencoba bergabung dengan orang orang yang menjalankan arisan Qurban. Arisan Qurban ini biasa bersifat bergiliran, maka dari itu, sebelum anda melakukan pertimbangkan baik baik, jangan sampai anda ingin mengambil giliran orang yang telah ditentukan berdasarkan arisan.

7 Tips Lainnya, Ambil dari Cadangan Hari Raya Idul Fitri

Menjelang hari raya idul fitri, orang orang biasanya akan membeli berbagai perlengkapan baru, mulai dari baju, sendal dan lain sebagainya. Bagaimana jika dana di atas Anda alokasi-kan untuk kebutuhan kurban ini. Karena rasanya baju baru, sepatu baru tidak begitu Anda perlukan di kondisi seperti saat ini. Sebab silaturahmi juga disarankan secara online, jadi dana belanja Idul Fitri dapat Anda gunakan untuk membeli hewan kurban

Leave a Comment