Tips Sederhana Saat Menyekolahkan Anak ke Pondok

Tips Sederhana Saat Menyekolahkan Anak ke Pondok, Memutuskan anak untuk disekolahkan ke pondok pesantren merupakan pilihan yang bijak, mengingat pergaulan di luar yang semakin tidak terkendali, tidak akan menutup kemungkinan anak anak anda untuk terjerumus ke dalamnya.

Saat ini, sudah ada banyak para orang tua yang mulai tersadar bahwa selain membekali anak dengan pengetahun dan ilmu dunia, mereka juga membutuhkan bekal ilmu untuk kehidupannya di Akhirat nanti. Dalam hal ini, Ilmu Agama menjadi suatu hal yang cukup penting dan memiliki peran yang cukup besar dalam menghindari anak terjerumus ke dalam dunia pergaulan yang bebas.

Tips Sederhana Saat Menyekolahkan Anak ke Pondok

Menyekolahkan anak ke pondok berarti harus siap untuk berpisah dengan anak selama pendidikan berlangsung. Pasalnya sekolah pondok adalah sekolah yang akan mendidik dan mengasuh anak selama berada dalam masa pendidikan. Sebagai orang tua mungkin hal yang memberatkan ketika harus berpisah untuk waktu yang lama, namun kembali lagi dengan harapan sebagai orang tua untuk mendidik dan membentuk anak agar menjadi sosok seseorang yang berakhlak. 

Bagi anda yang mungkin berencana akan menyekolahkan anak ke pondok, kami punya beberapa tips sederhana saat menyekolahkan anak ke pondok. Seperti apa tipsnya.? Simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Ikhlas dan Pasrah

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah ikhlas ketika hendak melepaskan anak ke pondok pesantren. Memondokkan anak adalah salah satu cara melaksanakan kewajiban mendidik anak dan mengarahkannya untuk mendapat ilmu agama yang lebih baik. Orang tua wajib membekali ilmu yang kelak dapat bermanfaat di dunia dan akhirat. 

Selain ikhlas, anda juga harus pasrah saat menyerahkan sepenuhnya anak ke pihak pesantren. Sering kali, kasus santri tidak betah di pesantren terjadi akibat ibu yang belum merelakan sepenuhnya akan perpisahan sementara ini.

2. Memberikan Nafkah yang Halal dan Tidak Berlebihan

Demi tercapainya kesuksesan seorang anak saat menimba ilmu di dalam pondok adalah memberikan nafkah yang halal. Untuk mencari ilmu agama untuk dunia dan akhirat, tentu saja energi yang didapatkan juga harus berasal dari jalan yang halal. Memberikan nafkah yang halal akan membuat anak memperoleh keberkahan dari Allah SWT, yang juga akan memudahkan segala proses selama di dalam pondok.

Selain memberikan nafkah yang halal, uang saku yang diberikan juga jangan sampai berlebihan. Ajari anak untuk terbiasa hidup sederhana dan mandiri.

3. Perbanyak Doa

Menyekolahkan anak ke dalam pondok bukan berarti anda menyerahkan seluruh urusan anak kepada pihak pesantren, dan anda hanya perlu mengirimi uang jajan dan keperluannya saja. doa dari orang tua juga sangat penting untuk dipanjatkan. Doa orang tua adalah obat yang paling mujarab dalam kehidupan anak untuk mencapai segala sesuatu yang ingin mereka capai.

4. Perbanyak Sedekah Kepada Santri Lain

Sedekah dipercaya dapat memperluas rejeki dan tentu saja mendatangkan pahala, terlebih sedekah kepada santri. Selain pahala yang kita dapat, doa santri yang sedang berjuang menuntut ilmu agama diharapkan dapat terjawab dengan mudah. Jadi, saat menjenguk anak ke pondok pesantren, jangan lupa bersedekah untuk santri lain yang saat itu tidak dijenguk. Walaupun hanya dalam bentuk makanan ringan atau diajak makan bersama, pasti hati mereka akan senang dan mendoakan kita.

Demikianlah sekilas tips sederhana untuk saat menyekolahkan anak ke pondok pesantren. Semoga tips yang telah kami berikan dapat bermanfaat.

Leave a Comment