Toleransi Dalam Perspektif Islam

Toleransi Dalam Perspektif Islam, ISLAM secara bahasa dimaknai tunduk, patuh dan pasrah, keselamatan, keamanan dan kedamaian sepenuhnya diserahkan kepada Allah SWT.  Berdasarkan makna tersebut, sebagai seorang muslim, dalam konteks kehidupan adalah pemberi keselamatan, menciptakan kerukunan dan pemberi rasa aman bagi anatar sesama, yang disebut dengan toleran. 

Secara umum toleransi adalah sebuah sikap dalam menghargai pendapat dari orang lain yang memiliki perbedaan dalam berpendapat. Di dalam ajaran Islam, toleransi sendiri disebut dengan tasamuh. Tasamuh memiliki tasahul atau kemudahan, yang artinya Islam memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk melakukan atau menjalankan apa yang telah mereka yakini berdasarkan ajarqan mereka masing masing tanpa adanya sebuah tekanan dan tidak mengusik ketauhidan seperti apa yang tercantum di dalam Kamus al-Muhit, Oxford Study Dictionary English Arabic, 2008:1120ML Kamus al-Muhit, Oxford Study Dictionary English Arabic, 2008:1120.

Sementara dalam konteks sosial dan agama, toleransi dimaknai sebagai sikap dan perbuatan yang melarang adanya sebuah diskriminasi kepada kelompok kelompok yang berbeda atau tidak dapat diterima oleh sebuah mayoritas dalam lingkungan masyarakat.

Konsep tasamuh dalam Islam mengandung konsep rahmatan lil ‘alamin. Sekalipun Alquran tidak secara tegas menjelaskan tentang tasamuh, namun ditemui beberapa terma yang terkait dengan ini, di antaranya: 

Rahmah atau kasih sayang

ثُمَّ كَانَ مِنَ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَتَوَاصَوۡا بِالصَّبۡرِ وَتَوَاصَوۡا بِالۡمَرۡحَمَةِ

Summa kaana minal laziina aamanuu wa tawaasaw bissabri wa tawaasaw bilmarhamah

Kemudian dia termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang. (QS. al-Balad: 17),

Memaafkan

وَلَا يَأْتَلِ اُولُو الْفَضْلِ مِنْكُمْ وَالسَّعَةِ اَنْ يُّؤْتُوْٓا اُولِى الْقُرْبٰى وَالْمَسٰكِيْنَ وَالْمُهٰجِرِيْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۖوَلْيَعْفُوْا وَلْيَصْفَحُوْاۗ اَلَا تُحِبُّوْنَ اَنْ يَّغْفِرَ اللّٰهُ لَكُمْ ۗوَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

  1. Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kerabat(nya), orang-orang miskin dan orang-orang yang berhijrah di jalan Allah, dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak suka bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS. al-Nur: 22)

Berlapang Dada

فَاصْفَحْ عَنْهُمْ وَقُلْ سَلٰمٌۗ فَسَوْفَ يَعْلَمُوْنَ ࣖ

  1. Maka berpalinglah dari mereka dan katakanlah, “Salam (selamat tinggal).” Kelak mereka akan mengetahui (nasib mereka yang buruk). QS. al-Zukhruf: 89

Leave a Comment